Apa Itu Domain dan Cara mendapatkan Promo

apa itu domain

Kalau kamu sampai ke halaman ini, pasti kamu masih belum paham tentang apa itu domain. Sebagai permulaan, mendaftarkan domain, hosting situs web dan merancang situs web sama berbeda seperti membuat nama untuk toko Anda dan memutuskan di mana toko Anda nantinya berada, lalu mengisinya dengan produk dan tampilannya. Walaupun ketiga kegiatan tersebut terkait, semuanya adalah proses yang sangat berbeda.

Apa Itu Domain?

Untuk memiliki sebuah website yang ingin diatur, hal pertama yang kamu butuhkan adalah nama domain kamu. Singkatnya, domain adalah “domainpilihankamu.com” atau “domainbaruku.net”, atau .org. kamu gunakan sebuah domain untuk memberi nama website kamu. Domain yang kamu pilih inilah yang bisa membuat orang bisa menemukan website kamu di Internet.

Domain kamu harus unik dan satu-satunya (tidak digunakan oleh orang lain). Kamu tidak bisa mendaftarkan nama domain “doktorwebsite.net” karena itu sudah didaftarkan. Kemudian, domain kamu harus dihubungkan dengan alamat IP dari server yang akan ditempatkan. Ini akan menampilkan website kamu di browser. Alamat IP biasanya terlihat seperti 216.3.128.12 dan alamat ini harus selalu dikaitkan dengan domain tertentu.

Mendaftar Domain

apa isi WebsiteLakukan ini … pertama, Anda harus MENDAFTAR domain Anda dengan penyedia domain terakreditasi di Indonesia, sehingga domain Anda dapat dijadikan publik dan diperiksa dari domain yang sudah ada. Tentu saja, Anda hanya dapat mendaftar dan memiliki satu domain yang tidak seorangpun memiliki domain yang sama.

Saya merekomendasi kamu untuk mendaftarkan domain di Indowebsite. Mereka sering menyediakan promo domain murah dan setiap bulannya ada promo baru. Tapi sayangnya, Indowebsite hanya memberikan promo untuk pelanggan baru dan sering tidak peduli (masalah harga) terhadap pelanggan lama.

INGAT! saya menyarankan Indowebsite bukan karena program afiliasi mereka, tapi berdasarkan pengalaman pribadi. Blog personal saya aufaniyukzanali.me sudah berlangganan di IndoWebsite selama tiga tahun. Jika dibandingkan dengan penyedia lainnya seperti NiagaHoster, domain .ME pertahunnya seharga 300 K.

Terkadang, ketika Anda mencoba mendaftar domain, Anda harus kreatif dalam memilih variasi lain dari nama yang Anda inginkan karena pilihan pertama Anda mungkin sudah diambil. Kamu bisa gunakan website cekdomain.net untuk melihat saran dan harga nama domain yang anda inginkan.

Mengamankan Domain Kamu

Nah, sekarang kamu tidak lagi bertanya-tanya apa itu domain, mari amankan domain kamu dengan mendaftarkan TLD (Top Level Domain). Banyak TLD (domain tingkat atas) yang umum digunakan seperti .COM, .NET dan .ORG, dan sekarang jauh lebih mudah dan lebih murah. Kamu juga dapat mendaftarkan nama domain di salah satu dari ribuan perusahaan penyedia pendaftaran domain, seperti Dewaweb.com atau IndoWebsite.id

Kemudian, setelah Anda menemukan satu nama domain yang Anda sukai dan tersedia, penyedia pendaftaran domain akan DAFTARKAN DOMAIN KAMU atas nama kamu sebagai pemilik untuk jangka waktu tertentu (tergantung pada apa yang kamu beli) dan berikan informasi itu kepada Komunitas global.

Ketika registrasi nama domain untuk kamu, penyedia pendaftaran domain perlu tahu 3 hal utama tentang kamu:

  1. Nama domain apa yang kamu amankan (domainbaruku.com)
  2. Siapa kamu (meskipun kamu bisa melindungi privasi dari publik)
  3. Kemana kamu ingin domain itu untuk mengarah (Dengan kata lain, apa server web hosting yang akan kamu gunakan untuk domain barumu.) Jika kamu tidak tahu ini pada saat itu mendaftarkan domain, penyedia domain seperti dewaweb akan menempatkan domain untuk kamu, atau arahkan ke pengaturan default yang bisa diubah nanti.

Nah, itulah hal yang saya kira cukup untuk memahami apa itu domain dan cara mendapatkan domain dan dapat promo domain murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *